Monday, October 02, 2006

Dadaku Nggak Tipis Lagi...,


Salah satu bagian tubuh yang mengalami perubahan saat cewek sedang pubertas adalah payudara. Ukuran payudara yang dulu “tipis”, kini mulai membesar. Wuih! Sudah harus pakai bra, dong!

Ukuran yang MembesarPenyebab berkembangnya ukuran payudara adalah hormon Oestrogen, yang memicu bertumpuknya lemak dan tumbuhnya kelenjar susu. Karena itu, pada awal pertumbuhannya kadang payudara terasa sakit. Apalagi kalau terbentur sesuatu. Wajar, kok. Itu akibat perubahan hormon yang sedang terjadi.

Selain itu perkembangan payudara juga dipengaruhi nutrisi yang dikonsumsi, serta faktor keturunan. Perkembangan maksimal payudara ini bisa mencapai dua tahun, lho! Jadi, nggak perlu minder dulu kalau ukuran payudaramu masih kecil. Selama kita masih dalam usia pubertas, ukuran payudara ini masih bisa berkembang, kok.

Payudara terdiri atas kelenjar susu, saluran untuk membawa susu itu keluar, dan puting susu. Puting susu inilah kelak tempat keluarnya air susu ibu (ASI). Yang pertama kali mengalami perubahan seringkali adalah daerah sekitar puting (areola). Warnanya jadi lebih gelap dan tebal, lalu akan sedikit mengembung. Payudara itu sendiri sebenarnya berfungsi sebagai kantong susu, yaitu untuk memberi makan bayi yang baru lahir, berupa ASI.

Nggak perlu minder dengan ukuran payudara yang kita miliki. Karena yang terpenting adalah payudara kita sehat dan kelak bisa berfungsi dengan baik.

Bisa Nggak Memperbesar Payudara?

Oleh karena ukuran payudara dipengaruhi oleh nutrisi, hormon dan faktor keturunan, maka ukuran payudara nggak bisa kita ubah semau kita! Kita nggak bisa memperbesar atau memperkecil ukuran payudara.

Yang bisa kita lakukan adalah melatih otot-otot dada agar menjadi lebih kencang (sehingga kadang kelihatannya payudara menjadi lebih besar). Selain itu, kosumsilah nutrisi yang cukup. Cewek yang kurus sudah tentu memiliki jaringan lemak lebih sedikit di payudaranya, sehingga payudaranya terlihat kecil.Nah, bila ukuran payudara makin membesar dan putingnya menonjol, itu artinya sudah saatnya mulai memakai bra!

Bra memiliki fungsi sebagai penyangga payudara. Selain untuk kesopanan berpakaian, bra juga berfungsi mempertahankan bentuk payudara, menahan guncangan ketika melakukan kegiatan yang aktif dan melindungi payudara dari benturan.

Payudara memang pada akhirnya juga dapat mempercantik tubuh perempuan, tapi fungsi dan kesehatannya kadang justru diabaikan. Padahal, payudara termasuk bagian tubuh yang rentan terhadap penyakit. Misalnya aja, kalau kita kurang memperhatikan kebersihan, bisa muncul penyakit kulit. Yang paling serem kalau terserang kanker payudara. Hiiiii! *Surien*

TIPS MEMBELI/MEMILIH BRA:

- Pilih yang ukurannya pas dengan payudaramu, jangan kebesaran atau kekecilan! Ukuran bra yang nggak pas hanya akan membuat payudara sakit atau aliran darah terhambat!- Jangan malas mencoba ketika membeli bra! Setiap merek bra kadang memiliki ukuran yang berbeda. Pastikan bentuk mangkok (cup) bra nggak rusak dan talinya nggak melar!

UKURAN BRA YANG TEPAT:

Harus terasa nyaman dipakai. Untuk mengukur kenyamanan, angkat lengan. Kalau bra tetap berada di posisinya dan nggak terangkat, berarti ukuran bra tersebut sudah tepat. Ukuran cup nggak kebesaran atau kekecilan, tali bahu dan tali lingkar badan nggak terlalu kencang, tali bagian belangkang nggak terlalu tinggi (sejajar dengan payudara). Cup harus menutupi payudara secara keseluruhan. Bra harus menyentuh tulang dada diantara payudara.

MENGUKUR BRA YANG PAS:

Pakailah meteran untuk mengukur lingkar dada tepat di bawah payudara (underbust). Ukur lingkar dada dengan meterab tepat berada di puting payudara (overbust). Ukuran cup bra adalah selisih antara ukuran underbust dan overbust.

Contoh : Overbust (85cm) - Underbust (75cm) = Cup (10cm)

TABEL UKURAN BRA:

Ukuran 65 70 75 80 85 90

Underbust (cm) 63-67 68-72 73-77 7 8-82 83-87 88-92

Ukuran Cup Overbus (cm)

A 73-75 78-80 83-85 88-90 93-95 98-100

B 76-78 81-83 86-88 91-9 3 96-98 101-103

C 78-80 83-85 88-90 93-9 5 98-100 103-105

D 81-83 85-88 91-93 96-9 8 101-103 106-108

E 83-85 88-90 93-95 98-1 00 103-105 108-110

Kalau ukuran underbust 75cm dan ukuran overbust 85 cm, maka bra yang harus dipakai adalah ukuran bra 75A.

TIPS MEMAKAI BRA

- Sesuaikan jenis bra dengan kegiatan yang dilakukan, dan sesuaikan juga bentuk bra dengan pakaian.

- Jagalah kebersihan payudara dengan mengganti pemakaian bra jika sudah terkena keringat.

- Tinggalkan bra yang sudah melar atau bentuknya berubah, dan beli yang baru.

TIPS MERAWAT BRA:

- Segera jemur atau angin-anginkan bra yang lembab terkena keringat. Jika mungkin, langsung dicuci.

- Rendam bra dalam air sabun, dan gosok sedikit bagian pinggir secara berlahan dengan tangan. Nggak usah diperas, tapi langsung jemur dengan cara digantung. Usahakan mendapat sinar matahari yang cukup sehingga bisa kering benar. Jamur yang tumbuh di bra bisa membuat bra seperti berbintik-bintik. Hiii..!

- Jangan mencuci dan mengeringkan bra dalam mesin cuci karena bisa merusak bentuk dan tekstur bra.

- Hindari menjemur bra langsung di bawah sinar matahari. Selain warnanya bisa pudar, elastisitas bra juga bisa rusak!

- Gantung bra di bagian tengahnya, jangan mengantung bra dengan talinya. Soalnya, bra yang basah cukup berat sehingga bisa membuat talinya melar/rusak.

Kapan Boleh Nggak Pakai Bra?

• Waktu tidurSaat tidur, kita nggak melakukan aktifitas apa pun. Jadi kita nggak perlu memakai bra, untuk memberi kesempatan agar peredaran darah lebih lancar!• BerenangWaktu dalam air, tubuh kita mengambang sehingga payudara nggak membutuhkan penyangga. Tapi kalau malu, bisa tetap memakai bra, kok! **Surien**

Dimuat di forGIRLS, terbitan Disney-Gramedia

Foto : virid.com

No comments: