Tuesday, October 03, 2006

Seputar Film Anak-anak Badung, Makin Usil, Makin Disukai

Anak kecil yang usil, tetapi lucu, pandai, dan berpenampilan menawan adalah salah satu karakter yang disukai para pecinta film anak atau keluarga. Tidak heran jika ada film anak atau keluarga yang meledak di pasaran, si bintang cilik yang berperan di film tersebut bisa jadi superstars atau jutawan mendadak. Soalnya, perannya memang bikin gemas, sih…

Kisah si Badung
Salah satu resep membuat film anak atau keluarga adalah membuat tontonan yang ringan dan bintang yang memikat. Setting cerita cukup sederhana saja, namun bisa menjadi terlihat menarik karena peran menakjubkan bocah-bocah cilik yang berakting di dalamnya.

Lihat saja film Home Alone yang meledak di pasaran dunia pada tahun 1990. Film ini bercerita tentang Kevin McCallister, seorang bocah delapan tahun yang tertinggal oleh keluarganya yang pergi ke Prancis untuk liburan Natal. Ketika di rumah sendirian, tak disangka ada dua perampok yang ingin menguras isi rumahnya. Maka, dengan berbagai akal bulusnya, dia berhasil memperdaya perampok itu dan menggagalkan usaha jahat mereka.

Kevin yang diperankan oleh Macaulay Culkin itu berhasil menarik perhatian penonton. Culkin yang sebelumnya tak dikenal, dalam sekejap menjadi jutawan dan aktor cilik dengan honor yang melampaui honor seniornya. Dia pun diburu untuk bermain dalam sejumlah film layar lebar. Antara lain, My Girls, Home Alone2, Ritchie Rich, dan lain-lain.

Serupa dengan Home Alone, sejumlah film anak dan keluarga dibuat dengan cerita utama kejahilan bintang ciliknya. Diantaranya, Dennis the Manace (diperankan Mason Gamble), Monkey Trouble (diperankan Thora Birch), dan It Takes Two (diperankan si kembar Mary-Kate Olsen dan Ashley Olsen)

Film-film anak dan keluarga itu memang tak sesukses Home Alone. Namun film-film tersebut, toh, tetap bisa jadi pilihan yang segar bagi pecinta film keluarga. Biasanya, film-film keluarga semacam itu diputar saat musim liburan, khususnya menyambut hari Natal.


Sudah Tak Kecil Lagi

Para pemain cilik yang dulu memukau penonton karena wajah dan aktingnya yang menggemaskan itu kini memang bukan bocah cilik lagi. Bahkan mereka telah menjelang dewasa. Meski mereka tak lagi berperan sebagai bocah cilik yang badung, namun di keseharian sebagian mantan aktor dan aktris cilik itu, kadang masih mendapat julukan yang “badung”.

Macaulay Culkin yang jejak main filmnya itu diikuti oleh adiknya, justru memilih menikah di usia muda dan tidak banyak menampilkan kemampuan aktingnya lagi di layar lebar. Keputusannya menikah itu sempat mengecewakan banyak penggemarnya, yang bertaruh bahwa pernikahannya bakal tak langgeng. Belakangan, Macalauy memang tak bisa mempertahankan rumah tangganya bersama gadis seumurannya itu.

Image gadis cilik usil yang melekat pada Thora Birch kini bisa dibilang berubah menjadi image gadis menjelang dewasa yang sexy. Namun dalam urusan acting, kemampuan Thora Birch mulai diperhitungkan sebagai aktris berbakat. Misalnya saja, dalam film American Beauty yang berhasil meraih predikat the Best Pictures pada Academy Award, Thora berperan cemerlang sebagai Jane Burnham. Selain itu Thora juga menjadi nominasi Golden Globe di tahun 2001 atas perannya dalam film Ghost World.

Mason Gamble yang kini remaja bisa dibilang cukup laris main film dan punya kesempatan untuk bermain dengan bintang senior. Diantaranya, Mason sempat bermain dalam film Gattaca yang dibintangi Uma Thurman and Ethan Hawke.

Sedangkan si kembar Mary-Kate Olsen dan Ashley Olsen yang disebut sebagai milyuner muda itu mulai menggeluti dunia jurnalistik, bahkan juga dunia tarik suara, plus berbagai kegiatan lain yang seabrek.
Bintang-bintang cilik itu memang telah beranjak dewasa.

Menyusul ketenaran mantan bintang cilik itu, kini memang masih banyak bocah-bocah cilik yang tak kalah dalam soal adu akting. Sayangnya, belum tentu peran mereka terpaut di hati para penonton. Duh…, yang badung memang selalu dikenang, ya? **surien

Dimuat di Gober Tematis edisi DIdi, terbitan Gramedia, 2002


Foto : news.bbc.co.uk/

No comments: