Tuesday, September 26, 2006

Stonehenge, Misteri yang Belum Terjawab

Stonehenge, adalah salah satu misteri alam yang hingga kini belum terpecahkan. Bagaimana dan untuk apa lingkaran batu raksasa itu dibuat hingga kini tak ada yang tahu.

Bentuk Unik

Stonehenge, yang terletak di Wiltshire, Inggris, sekitar 13 kilometer barat laut Salisbury ini, merupakan salah satu misteri dunia yang belum terpecahkan. Monumen Neolitik ini berbentuk tumpukan batu besar yang berdiri dan berjajar melingkar, yang dikenal sebagai megalit. Istilah Stonehenge sendiri berasal dari bahasa Inggris kuno stanhen gist, yang artinya batu-batu bergantung. Di sekitar batu-batu tersebut terdapat celah parit atau lekukan yang mengelilingi Stonehenge.

Masih banyak kontroversi tentang kapan dibuatnya monument tersebut. Sebagian besar arkeolog berpendapat bahwa tempat tersebut dibangun sekitar tahun 2500 SM dan 2000 SM. Namun melalui lekukan tempat dasar pembuatan monumen tersebut, diketahui dibangun sekitar abad 3100 SM.

Ada beberapa dugaan bagaimana Stonehenge bisa terbentuk. Tulisan pertama yang dibuat pada abad ke-9, menggambarkan bahwa Stonehenge dibangun sebagai tugu peringatan atas 400 bangsawan yang dibunuh oleh Hengist pada tahun 472 karena dianggap berkhianat. Penjelasan tersebut oleh beberapa sejarawan lalu dikaitkan dengan sejumlah dongeng setempat.

Ada juga pendapat yang menghubungkan Stonehenge dengan peran kaum druids (para dukun pada masa itu—red) yang menggunakan tempat tersebut sebagai tempat pemujaan. Bahkan tak sedikit yang percaya bahwa Stonehenge memang ada hubungannya dengan legenda Merlin, penyihir tersohor pada masa itu. Konon, batu-batu itu diterbangkan dari Irlandia dan dijatuhkan oleh penyihir Merlin. Namun pendapat yang menghubungkan dengan praktik perdukunan tersebut banyak dibantah, karena perdukunan belum ada di Inggris hingga tahun 250 sebelum Masehi.

Dugaan lain, tempat itu adalah sebuah candi milik bangsa Romawi, yang dipersembahkan untuk Dewa Cnelus. Sementara yang lainnya mengatakan bahwa Stonhenge didirikan oleh orang-orang Denmark. Hingga akhir abad ke-19 tempat itu lebih sering dihubung-hubungan dengan kepentingan ekpansi Saxon.

Sedangkan dugaan yang lebih ilmiah tentang fungsi Stonehenge adalah tempat yang digunakan untuk mengetahui perhitungan astronomi atau perhitungan kalender. Dari sana, para pengamat astronomi bisa meramal dan menandai berbagai peristiwa penting dalam kalender prasejarah. Misalnya saja untuk mengukur pergerakan matahari, bulan, dan bintang, sehingga waktu pergantian musim akan lebih mudah diketahui.

Bentuk unik.

Stonehenge terdiri dari batu-batuan yang disusun berdiri dan bertumpuk dengan pola melingkar. Di bagian pertama monumen Stongehenge terdapat lingkaran parit yang diameternya sekitar 115 meter dengan sebuah pintu gerbang di bagian timur laut. Di bagian luarnya terdapat sekitar 59 lubang yang dikenal sebagai lubang Aubrey (karena ditemuka oleh John Aubrey, ahli purbakala).

Beberapa lubang dan batu yang ada di sekitar Stonehenge dikenali juga sebagai tempat pemakaman. Selain adanya anggapan tempat tersebut dibuat sebagai tugu pembantaian oleh Hengist, dipercaya juga bahwa pada Zaman Perunggu (sekitar tahun 2.000 hingga 800 sebelum Masehi), Stonehenge memang sempat digunakan sebagai tempat upacara penguburan jenazah kepala wilayah setempat.

Banyak orang yang bertanya, mengapa bentuk lingkaran batu di Stonehenge dibuat semacam itu. Bentuk Stonehenge itu diyakini memiliki makna astronomi tertentu, dan dibangun berdasarkan pertimbangan yang matang dan akurat. Misalnya saja, sudut-sudut tertentu bisa dipakai untuk meneliti tentang posisi matahari dan bulan.

Batu-batu Raksasa

Selain bentuknya yang unik, hal lain yang masih misterius adalah bagaimana batu-batu raksasa Stonehenge bisa sampai ke Wiltshire. Sebab, jenis batu-batu tersebut dipercaya berasal paling tidak dari Wales, yang letaknya cukup jauh dari sana.

Ada orang yang percaya pada teori bahwa batu-batu itu sampai di Wiltshire akibat gletser . Tapi juga orang yang yakin bahwa batu-batu tersebut memang sengaja dibawa manusia dari Wales. Namun jika batu-batu tersebut memang di bawa oleh manusia, banyak yang menyangsikan batu-batu itu bisa diangkut dari Wales, mengingat ukuran batu yang besar dan medan yang tak terjangkau.

Untuk membuktikan teori yang menyatakan batu-batu tersebut dibawa oleh manusia pada zaman itu, pada tahun 2001 pernah dilakukan uji coba dengan membawa batu raksasa menggunakan tali dan balak, dengan mengarungi jalan darat dan laut dari Wales ke lokasi Stonehenge. Namun percobaan tersebut gagal dan kembali menyisakan pertanyaan bagaimana sebenarnya batu raksasa tersebut bisa sampai ke tempat itu. Untuk mengangkat dan membawa batu-batu raksasa yang beratnya mencapai puluhan ton itu diperlukan ratusan orang. Itulah sebabnya, mengapa sebagian orang menjadi percaya pada mitos bahwa batu raksasa itu sampai di sana karena upaya sihir.

Bayangkan saja, lingkaran batu pertama (yang kini menjadi lingkaran bagian dalam) terdiri dari batu-batu kecil jenis bluestone yang disusun ke atas. Batu-batu itu sepertinya runtuh sebelum selesai dibangun. Batu-batu tersebut dipercaya berasal dari pegunungan Prescelly, sekitar 240 mil dari Wiltshire.

Batu-batu bluestone itu masing-masing beratnya mencapai 4 ton. Untuk membuat lingkaran batu pertama saja paling tidak diperlukan kurang lebih sebanyak 80 batu.
Sedangkan batu-batu sarsen raksasa (yang membentuk lingkaran terluar), masing-masing beratnya mencapai 50 ton dengan jumlah yang lebih banyak lagi.

Misteri lain dari Stonehenge adalah, tiga lapisan tumpukan batu itu tidak terbentuk sekaligus, melainkan setahap demi setahap. Tentu saja, dengan proses yang hingga kini belum diketahui seperti apa pastinya.

Karena misteri dan keunikannya, Stonehenge telah masuk dalam salah satu World Heritages sites UNESCO pada tahun 1986. Stonehenge juga bisa dikunjungi sebagai tempat pariwisata.
Jika dulu para pelancong bisa bebas memasuki wilayah Stonehenge dan boleh menyentuh batu-batu, kini tidak lagi. Lokasi Stonehenge telah dikelilingi tali pembatas sehingga pelancong hanya bisa melihat dari jarak satu setengah meter. Ini untuk mengindari stangan-tangan jahil yang bisa merusak Stonehenge. Meski demikian, keindahan dan misteri Stonehenge tetap membuat banyak orang penasaran untuk berkunjung ke sana
. **surien

dimuat di gober nostalgia, gramedia majalah

No comments: