Monday, October 02, 2006

Bugar dengan Sayur dan Buah


Warna sayuran dan buah-buahan yang beraneka rupa memang sering mengundang selera untuk memakannya. Selain sarat vitamin, juga bisa mencegah timbulnya kanker, lho!


Hebatnya Sayuran dan Buah-buahan
Bukan nggak mungkin kalau banyak yang sering lupa makan sayuran dan buah setiap hari, atau bahkan nggak sama sekali. Padahal, selain kandungan vitaminnya cukup tinggi, sayuran dan buah-buahan memiliki kadar lemak yang rendak, penuh serat, dan mineral tinggi. Selain itu di dalamnya juga terdapat phytoproctetants yang mengandung antioksidan.
Antioksidan merupakan pengatur metabolisme dan pengatur hormon yang semuanya baik bagi tubuh.

Nah, si antioksidan inilah yang melindungi tubuh dari pengaruh kerusakan sel tubuh akibat berbagai proses kimia normal tubuh atau oleh radiasi matahari, asap rokok, dan pengaruh-pengaruh lingkungan lainnya. Sehingga tubuh jadi nggak mudah sakit, bahkan bibit penyakit yang ada bisa hilang, termasuk jaringan kanker. Hebat, ya?

Cara mengkonsumsi tumbuhan yang sarat dengan berbagai komponen yang dibutuhkan tubuh untuk pertumbuhan dan kesehatan ini sebenarnya nggak begitu rumit. Ada yang bisa dikonsumsi mentah dan lansung dimakan, ada pula yang harus dimasak dahulu. Ada yang bisa dimakan tanpa campuran apa pun, ada pula yang tambah oke jika cara memakannya dicampurkan dengan berbagai makanan lainnya.

Rahasia di Balik Sayur dan Buah

Sst, ternyata sayuran dan buah-buahan juga bisa dimanfaatkan untuk merawat kesehatan dan kecantikan. Nah, coba kita buktikan…


Alpukat
Buah yang banyak mengandung protein dan vitamin seperti vitamin A, B, B2, B3, dan C ini baik banget kalau bisa dimakan setiap hari. Selain nggak mengandung kolesterol, alpukat baik untuk memperlancar peredaran darah.
Cara mengkonsumsi:
Dibuat juice, dipotong-potong dan dijadikan campuran salad atau minuman.
* Daging alpukat juga bisa dibuat masker atau krem pelembab untuk wajah.

Jeruk
Jeruk merupakan sumber vitamin C yang utama dan bisa membantu memperkuat jaringan otot dan dinding pembuluh darah. Makanya, para penderita gusi berdarah, gigi rusak, dan sakit persendian, bisa dibantu proses penyembuhannya dengan mengkonsumsi jeruk secara teratur.
Cara mengkonsumsi:
Bisa dimakan langsung, dibuat juice, atau sebagai campuran dalam aneka puding atau minuman
* Air jeruk lemon bisa dipakai sebagai penyegar kulit wajah dan jika dipakai setelah keramas bisa membuat rambut bebas ketombe dan bercahaya

Apel
Selain mengandung banyak megnesium, zat besi, dan silikon, potassium, fosfor, sodium, kalsium, belerang, dan khlor, apel juga mengandung vitamin A, B, dan C. Nah, apel juga dipercaya bisa menyembuhkan peradangan dalam tubuh karena zat asam yang terkandung di dalamnya serta memiliki zat pembersih tubuh yang sangat baik.
Cara mengkonsumsi :
Bisa dimakan langsung tanpa dikupas, dibuat juice, atau sebagai campuran pada puding, kue, salad, atau aneka minuman.
* Sisa ampas jus apel bisa dipakai sebagai masker wajah untuk menetralisasi lemak pada kulit.

Bayam
Bayam baik untuk alat pencernaan, baik bagi saluran makanan dalam tubuh seperti perut, usus dua belas jari, dan usus kecil serta usus besar. Soalnya, bayam mengandung unsur-unsur potasium, sodium, kalsium, iodin, magnesium, fosfor, belerang, dan zat besi. Bayam juga mengandung hampir semua vitamin seperti A, B, C, dan E.
Cara mengkonsumsi :
Setelah dicelupkan sebentar ke dalam air panas, bayam bisa dimakan sebagai lalap, dimasak sebagai sayur, dan bisa juga di-juice
* Juice bayam dicampur alpukat bisa berkhasiat untuk meghaluskan kulit

Wortel
Wortel mengandung vitamin A dan C yang cukup tinggi dan kaya beta-karoten yang dipercaya sebagai pelindung terhadap kanker karena termasuk antioksidan. Wortel juga berkhasiat tinggi bagi kesehatan mata.
Cara mengkonsumsi:
Bisa dipotong dan dimakan langsung mentah-mentah, di-juice, dimasak untuk dibuat sayur, atau dijadikan campuran pembuatan kue.
* Parutan wortel bisa dipakai untuk masker wajah dan menghilangkan bekas luka

TIPS:
- Jangan menyimpan juice dalam kulkas terlalu lama, karena jika basi juice tersebut justru akan menimbulkan penyakit
- Beri sedikit perasan jeruk lemon atau jeruk nipis pada potongan buah agar warnanya terlihat berkilau.
**surien

Dimuat di forGIRLS, terbitan Disney-gramedia
Foto : samui.org

No comments: