Monday, October 02, 2006

Kalau Tubuh Mirip Mobil


Tubuh kita ternyata mirip mobil. Butuh bahan bakar, perawatan, dan istirahat. Jadi, usahakan agar bisa tetap hidup sehat dan bugar

Bugar = Sehat Lahir Batin

Arti bugar sebenarnya adalah penggambaran diri kita sedang dalam keadaan terbaik di semua hal yang meliputi aspek kesehatan. Yaitu, fisik, emosi, dan mental.

Kalau tubuh sehat tapi sedang depresi itu artinya nggak dalam keadaan bugar. Atau sedang happy tapi tubuh sakit-sakitan, itu jelas bukan bugar juga. Makanya, supaya bisa jadi cewek bugar, coba, deh, jaga agar makanan dan aktivitas fisik tetap berada dalam kondisi baik. Selain itu, istirahat yang cukup. Kan ada pepatah, “dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang sehat”.

Tubuh = Mobil Butuh Bensin

Ketika bangun pagi, tubuh telah berhenti mengkonsumsi makanan antara 8-10 jam. Nah, ibarat mobil, tubuh kini butuh asupan makanan sebagai “bahan bakar” agar bisa kembali beraktivitas. Mobil nggak akan bisa berjalan kalau nggak punya bahan bakar. Demikian pula tubuh kita. Jika tak ada kalori yang masuk, maka energi yang akan kita keluarkan juga nggak bisa maksimal. Selain itu tubuh kita bisa mengalami berbagai gangguan.

Supaya nggak mirip mobil yang sering mogok, jangan malas mengkonsumsi makanan dan minuman dalam jumlah cukup. Awali hari dengan sarapan. Manfaatnya gede, lho.. Bahkan sarapan bisa menentukan apakah kamu bisa beraktivitas dengan baik atau nggak.
Kenapa sarapan begitu penting? Dalam bahasa Inggris, sarapan atau breakfast berasal dari kata break-the-fast. Artinya, berhenti berpuasa dan harus makan kembali. Setelah kita “berpuasa” selama kita tidur di malam hari, pagi hari adalah saatnya kembali makan.
Hm…, kalau nggak sarapan, tubuh mungkin masih bisa beraktivitas dengan memanfaatkan energi yang masih tersisa. Tapi sel-sel otak berbeda. Agar bisa berfungsi, sel-sel otak membutuhkan persediaan karbohidrat yang selalu ada atau konstan. Itu pun harus dalam jumlah yang memadai.

Jika jumlah makanan yang tersedia nggak mencukupi, sel-sel otak kita nggak bisa berfungsi dengan baik. Itu sebabnya di sekolah kita jadi nggak kosentrasi belajar. Tubuh juga bisa kehabisan tenaga dan cepat merasa letih. Metabolisme tubuh juga dapat terganggu. Tubuh akan lemas, dehidrasi, bahkan bisa sakit! Jelas, kan, sarapan sama pentingnya dengan makan siang dan makan malam?

Nah, makanan yang dikonsumsi sehari-hari, haruslah memiliki jumlah kandungan gizi, vitamin, dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Jika perlu, kita juga bisa mengkonsumsi suplemen kesehatan berupa vitamin.

Kalau kita cukup makan makanan yang bergizi:
- Tubuh jadi sehat sehingga kulit jadi halus dan berseri, mata jadi berbinar, gigi cemerlang, rambut bercahaya, dan kuku nggak mudah patah. Artinya, kita jadi terlihat cantik.

- Kita punya persediaan energi dan kekuatan lebih sehingga bisa melakukan kegiatan apa pun. Artinya, kita terlihat energik dan nggak “melempem”.

- Sistem kekebalan tubuh meningkat. Artinya, ketika teman lain harus beristirahat karena sakit flu, diare, dan penyakit lainnya, kita bisa tetap sekolah dan JJS bareng sohib-sohib.

- Tubuh berkembang lebih maksimal. Artinya, cita-cita jadi pemain basket, peragawati, atau yang lainnya bisa terwujud karena tubuh kita memenuhi syarat proporsi tubuh.

- Kecerdasan otak bertambah. Artinya, ketika teman-teman pusing mengerjakan PR dan ulangan, kita mampu menyelesaikannya dengan mudah.

Olahraga, Dooong…
Biasakan untuk olahraga. Nggak perlu berolahraga yang mahal. Pilihlah jenis yang bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja, dan yang terpenting dapat dilakukan secara rutin.

Jika rajin berolahraga, stamina tubuh akan terlatih dan daya tahan tubuh meningkat. Jadi nggak gampang capek atau sakit. Kita akan merasa segar dan mampu untuk melakukan aktivitas yang berat. Nah, ibarat mobil, tubuh adalah mobil bersilinder besar. Mau jalan ke Puncak, oke… Mau jalan ke luar kota, hayukkk…

Istirahat yang Cukup
Setelah beraktivitas fisik seharian, tubuh memerlukan istirahat. Jangan memaksakan diri melakukan sesuatu kalau sudah merasa capek.

Saat tidur, makanan yang kita konsumsi akan membantu proses penggantian sel-sel tubuh yang rusak dengan sel-sel tubuh baru. Nah, agar istirahat cukup, jangan biasakan begadang. Tidurlah teratur sebanyak 7-9 jam sehari untuk tidur malam. Kalau kurang tidur, keesokannya kita akan merasa lemas dan mengantuk. Mobil pun jika terus menerus dipaksakan berjalan tanpa henti juga bisa rusak *** surien

Dimuat di foGIRLS #7, terbitan Disney-Gramedia
Foto : www.telegraphics.com.au

No comments: