Monday, October 02, 2006

Yang Enak, Yang Bikin Sakit



Junk food yang banyak dijual di resto cepat saji memang paling praktis buat disantap saat JJS bareng teman atau keluarga. Tapi mengkonsumsinya nggak boleh sembarangan, lho

Sarat Lemak, Kurang Kalori
Istilah junk food biasanya digunakan untuk menyebut makanan nggak sehat. Soalnya, unsur yang dibutuhkan tubuh yang terkandung dalam junk food jumlahnya nggak seimbang. Misalnya saja, terlalu banyak mengandung lemak, garam, atau gula. Sementara kandungan lainnya, seperti nutrisi, vitamin, dan mineralnya jumlahnya nggak banyak. Biasanya, yang sering digolongkan sebagai junk food adalah makanan-makanan yang dijual di resto cepat saji atau yang dikenal sebagai fast food.

Tapi jangan salah kira. Yang termasuk junk food bukan hanya makanan cepat saji yang berasal dari luar negeri. Makanan tradisional dari negri kita pun banyak yang bisa digolongkan sebagai junk food.

Yang Tergolong Junk food
Burger, hot dog, keripik kentang, french fries, es krim, minuman soda, cokelat, fried chicken, permen, soto babat (jeroan), soto kaki kambing, kue-kue, dan lain-lain.

Yang Banyak Terkandung dalam Junk food

Lemak
Sebagai hasil olahan industri makanan, junk food biasanya banyak mengandung lemak jenuh. Soalnya, bisa dimasak dalam temperatur yang tinggi (dan kadang minyaknya bisa dipakai berulangkali, hiii). Karena itu harganya sangat murah. Bahayanya, si lemak jenuh ini bisa menjadi biang kegemukan tubuh. Kalau gemuk tapi sehat, sih, nggak apa-apa. Tapi, lemak jenuh juga bisa menyebabkan resiko terjadinya penyakit jantung, akibat meningkatnya kadar kolesterol dalam darah. Serem, kan…

•Garam
Junk food cenderung terasa gurih dan mengundang selera. Soalnya junk food mengandung banyak garam. Kadar garam yang normal akan membantu fungsi metabolisme tubuh. Tapi kalau kebanyakan? Wah, tekanan darah bisa melonjak tiiinggii… dan bisa menimbulkan resiko sakit jantung.

Gula
Makanan yang serba manis memang enak untuk disantap. Tapi kalau junk food yang mengandung banyak gula itu terus-menerus disantap… wah, resikonya ada juga. Diantaranya, bisa menyebabkan kegemukan, penyakit kencing manis, meningkatnya resiko terkena kanker, dan tentu kerusakan gigi.

• Zat Tambahan
Untuk mengundang selera dan penambah rasa, nggak jarang junk food memang sengaja menggunakan berbagai zat tambahan dalam olahannya. Misalnya saja, zat pewarna dan zat penambah rasa. Sejumlah orang bisa alergi terhadap zat-zat tersebut dan menimbulkan berbagai reaksi. Gejala alergi paling ringan terhadap zat semacam itu antara lain, terjadinya diare dan ruam kulit.

Boleh Makan Junk food, Asal…
Junk food sebenarnya juga mengandung beberapa unsur yang dibutuhkan tubuh. Misalnya saja, es krim banyak mengandung kalori dan kalsium. Pizza mengandung vitamin C, serat, dan kalsium. Daging dalam burger mengandung vitamin B, zat besi, dan protein.

Jadi, manfaat junk food tetap ada. Bahkan bisa bermanfaat banget kalau makanan tersebut dikonsumsi seimbang dengan makanan yang mengandung unsur-unsur lain yang dibutuhkan tubuh. Misalnya saja, dikonsumsi dengan makanan yang mengandung serat, mineral, vitamin, dan nutrisi. Kalau masih ingat dengan istilah makanan “empat sehat lima sempurna”, nah… itu adalah jenis paduan makanan yang sehat dan baik untuk perkembangan tubuh.

Kalau junk food terus dikonsumsi tanpa menu sehat yang seimbang, sudah pasti tubuh akan kekurangan sejumlah zat yang dibutuhkan. Metabolisme tubuh bisa terganggu dan jadi mudah terserang penyakit tertentu.
Misalnya saja, dalam seminggu kita terus menerus jajan French fries dan es krim. French fries memang mengandung kalori cukup tinggi. Tapi jangan lupa, French fries digoreng cukup lama dalam minyak sehingga mengandung banyak garam serta lemak jenuh. Es krim mengandung kadar gula dan lemak yang tinggi. Bisa dibayangkan, dalam waktu seminggu tubuh hanya menerima kalori, garam, gula, dan lemak jenuh dalam jumlah yang berlebihan. Padahal, setiap hari tubuh tetap memerlukan berbagai nutrisi, vitamin, serat, dan unsur lainnya. Kasihan tubuh kita, kan?

Tips Jajan Junk food
Burger makan juga keju dan sayuran yang ada di dalamnya. Lengkapi dengan jus buah
Pizza pilih yang banyak mengandung sayuran
Fried chicken hindari makan kulitnya dan jangan lupa memesan sup sayuran
French fries jangan makan terlalu banyak dan pesanlah salad sebagai pelengkap
Minuman soda jangan berlebihan dan imbangi dengan banyak minum air putih

Junk food is okay:
• asal nggak berlebihan
• dikombinasikan dengan menu sehat dan seimbang
• olahraga teratur *surien


DImuat di for GIRLS, terbitan Disney-Gramedia

foto : www.fabfoodpix.com

No comments: