Tuesday, October 03, 2006

Mitos Hewan di Berbagai Negara


Hewan ternyata punya berbagai mitos di berbagai tempat. Mitos-mitos tersebut dipandang sebagian orang bisa membawa pertanda baik dan buruk.

BURUNG HANTU

Di Itali, burung hantu yang bersuara di malam hari bisa jadi keberuntungan bagi pelajar. Wah, berbeda banget, ya, dengan mitos di beberapa daerah yang percaya burung hantu bisanya jadi pertanda buruk.

LABA-LABA
Orang Prancis percaya, jika bertemu laba-laba di pagi hari, itu tanda akan ada dukacita dan keprihatinan. Sebaliknya, jika melihatnya pada malam hari akan membawa kebahagiaan. Sedangkan kalau melihatnya di siang hari, itu tandanya mereka bakal dapat hadiah.


KUMBANG

Jangan ganggu kumbang berbintik, karena orang Italia percaya, kumbang yang dibiarkan terbang tanpa diusik bisa membawa kebahagiaan. Jika kumbang tersebut hinggap di tangan, artinya nggak lama lagi akan menerima uang. Sedangkan orang Hongaria percaya, kalau ada kumbang yang masuk ke rumah lewat jendela, artinya bakal ada teman dekat yang
berkunjung.


AYAM JANTAN

Orang Persia percaya, ayam jantan yang berkokok pada pukul sembilan atau dua belas malam, akan membawa kemakmuran bagi pemiliknya dan yang mendengarnya.


LANDAK

Eh, jangan takut kalau saat berkemah di hutan, tiba-tiba melihat landak melintas di depan kita. Menurut kepercayaan orang Kanada, itu pertanda permasalahan sulit kita bisa diselesaikan dengan tak terduga.


BURUNG BANGAU
Orang Yunani, Belanda dan Jerman, menganggap bila ada burung Bangau membangun sarang di rumah mereka, maka si pemilik rumah akan mendapatkan kesejahteraan. Misalnya, tanda akan hadirnya seorang anak.


HARIMAU

Jangan sembarangan menyebut atau memanggil harimau di hutan. Soalnya, orang Malaysia percaya itu bisa membuat harimau muncul. Hiiiiii!
Wah, banyak juga, ya, mitos tentang hewan? Namanya juga mitos, maka kebenarannya sama sekali belum terbukti. Jadi kita nggak perlu terlalu percaya tentang kebenarannya. Yang penting, percaya sama diri sendiri. **** surien


Terjemahan, dimuat di W.I.T.C.H # 14 terbitan Gramedia Majalah, th 2003
Foto : fohn. net

No comments: