Tuesday, October 03, 2006

Penemu dari Kota Bebek


Siapa penemu alat penembus ruang dan waktu? Atau siapa yang sangat ahli di bidang kimia, fisika, matematika, sejarah, atau arkeologi? Einstein? Bukan… Archimedes? Bukaaan! Para ilmuwan genius itu ternyata berasal dari Kota Bebek…

Ludwig Von Drake

Di kota keluarga bebek, Ludwid digambarkan sebagai paman Donal yang eksentrik. Menurut cersi cerita karya Don Rosa, Ludwid ini menikah dengan tante Donal yang bernama Matilda. Meski masih tergolong paman Donal, tapi sifat dan penampilan Ludwid sangat jauh berbeda dengan Donal.

Dalam film kartun, Ludwid digambarkan ilmuwan yang gaya bicaranya agak beraksen Jerman (Wah.., pada tahu, nggak, aksen orang Jerman itu bagaimana?—red). Dia adalah ilmuwan dan profesor yang meguasai banyak bidang. Misalnya saja, ilmu pengetahuan, arkeologi, sejarah, permainan berburu, dan psikologi anak.

Lucunya, si Ludwid ini malah sering bingung kalau harus menjelaskan apa artinya psikologi itu.Tapi lama kelamaan bisa juga. Yah, namanya juga ilmuwan jenius, suka ling lung juga kan? Selain itu, penemuan-penemuan yang sering dilakukan kadang malah bikin keadaan jadi kacau.

Salah satu penemuannya adalah mesin pengganda uang! Ia yakin bahwa penemuannya itu bisa menyelamatkan masyarakat dari kemelaratan, tapi alat itu malah akhirnya membuat ia dipenjara karena dianggap melakukan pemalsuan uang.

Niatnya, sih, baik, tapi akibatnya… Penemuannya yang lain adalah mesin waktu. Tapi ketika Ludwid jadi tergantung pada penemuannya itu agar bisa keluar dari masalah-masalahnya, mesin waktu itu malah bekerja lebih heboh lagi dan di luar dugaan. Hasilnya, lagi-lagi Ludwid malah dapat masalah baru…

Lang Ling Lung

Dalam komik-komik Disney, Lang Ling Lung alias Gyro Gearloose adalah penemu jenius yang mampu menciptakan apa saja. Karena itu, hampir semua penduduk Kota Bebek pernah minta pertolongan bebek lajang ini untuk dibuatkan suatu alat yang canggih atau melakukan penelitian tertentu. Dalam kesehariannya, karakter ciptaan Carl Barks ini selalu dibantu oleh si Lampu.

Salah satu pelanggan tetapnya adalah Paman Gober, yang hampir selalu minta bantuan Lang Ling Lung untuk urusan menciptakan pengaman tercanggih untuk Gudang Uang miliknya. Bahkan penemuan Lang Ling Lung sering jadi jalan keluar bagi Paman Gober jika sedang bersaing dengan rivalnya, Gober Bebek.

Ternyata kepandaiannya itu berasal dari ayahnya yang juga jenius, Fulton Gearloose. Fulton Gearloose adalah karakter ciptaan Don Rosa. Fulton digambarkan sebagai bebek yang ahli memperbaiki benda apa saja. Nggak heran, kalau bakatnya mengotak atik barang rusak jadi kembali berfungsi ini menurun pada Lang Ling Lung.
Kakek Lang Ling Lung, Ratchet Gearloose, ternyata juga seorang penemu. Diantaranya Rachet menemukan pil penjernih air dan bekerja untuk menemukan sumber energi yang lebih aman.

Di beberapa cerita Disney, Lang Ling Lung juga digambarkan memiliki keponakan jenius bernama Newton Gearloose. Wah… Sepertinya keluarga Lang Ling Lung memang jenius dan jago menemukan inovasi baru, ya…


**surien

Dimuat di Gober Tematis edisi EUREKA<>


Foto : duckman.pettho.com

No comments: