Tuesday, October 03, 2006

Penemuan Seputar Kesehatan


Lensa Kontak

Contact lense atau lensa kontak awalnya ditemukan dan dibuat oleh ahli fisiologi Jerman bernama Adolf Eugen Fick tahun 1887. Untuk mengujinya, Adolf mencobanya pada mata binatang, baru kemudian pada manusia. Bahan lensa kontak saat itu terbuat dari kaca coklat yang berat dan berdiameter 18-21 mm.

Tahun 1889, August Muller menyempurnakan kontak lensa tersebut dengan perbaikan pada pandangan jarak dekat. Kontak lensa plastik sendiri baru dibuat tahun 1948 oleh Kevin Tuohy dari California. Sedangkan kontak lensa yang lebih lembut dan bisa membiarkan oksigen masuk ke dalam kornea ditemukan tahun 1970-an.

Plester pembalut luka

Tahun 1921, Earle Dickson menemukan plester pembalut luka. Dia terinspirasi Josephine Dickson, istrinya yang sering terluka jarinya saat memasak. Dickson yang bekerja untuk perusahaan Johnson & Johnson ini lalu memutuskan untuk menciptakan sesuatu yang bisa melekat dan melindungi luka kecil dengan lebih baik. Dia lalu mengambil perban dan meletakkannya di tengah pita perekat, kemudian menutupnya dengam crinoline agar tetap steril.

James Johnson, atasan Dickson melihat temuan itu. Jhonson lalu memutuskan untuk memproduksi plester pembalut luka itu untuk dijual ke masyarakat. **suriendimuat di Gober Tematis edisi EUREKA, terbitan Gramedia Majalah 2002
foto : Lensandframes.com

No comments: