Tuesday, October 03, 2006

Penemuan Seputar Makanan


Pembuka botol/kaleng

Tahun 1813, Peter Durand seorang anggota angkatan laut Inggris berhasil menemukan cara mengemas makanan kaleng. Sayangnya, ia lupa memikirkan cara membuka makanan kaleng tersebut. Untuk membukanya, terpaksa menggunakan palu dan pahatan, bahkan juga dengan...kampak.

Pembuka makanan kaleng berhasil ditemukan Ezra Warber dari Connecticut pada tahun 1858, hampir lima puluh tahun setelah makanan kaleng ditemukan. Tapi bentuknya masih agak aneh, mirip senjata bayonet bengkok. Temuan tersebut lalu disempurnakan William Lyman asal Amerika pada 1870.

Sedangkan pembuka kaleng eletrik mulai dikenalkan pada tahun 1931, yang ditemukan oleh Ermal Fraze dari Ohio.

Teh celup

Teh celup ditemukan sekitar tahun 1908 secara tidak sengaja oleh Thomas Sullivan, pedagang teh dan kopi di New York. Awalnya dia mengemas contoh teh yang akan dijual dalam wadah mungil berbahan sutera. Tapi ternyata para pelanggannya malah memasak teh dan wadahnya itu dengan air mendidih. Cara ini sebenarnya termasuk cara memasak tradisonal, agar bubuk/daun teh tidak bertebaran dalam teko.

Karena dianggap praktis, teh kantong atau teh celup ini makin digemari. Kemasan teh kemudian dibuat dari kertas tipis yang tidak mudah rusak kalau harus direndam dalam air mendidih.

Coca-cola

Pada 8 Mei 1886, Dr.John Stith Pemberton, seorang ahli farmasi berkebangsaan Amerika mencampurkan beberapa jenis sirup, obat elixir, French Wine of Coca, Bordeaux, kokain dan kafein (yang berasal dari biji kola).

Ramuan itulah minuman soda pertama.Saat Atlanta melarang mengkonsumsi alkohol tahun 1885, Pemberton terpaksa mengganti French Wine of Coca menjadi anggur Prancis biasa. Dia lalu menambahkan gula murni, asam sitrat, dan minyak esensial aneka buah ke dalam minumannya. Pemberton menyebutnya Coca-cola.

Nama itu dipakai karena bahan utamanya adalah kokain dan biji cola. Tapi sejak pemakaian kokain dilarang, kokain tidak lagi digunakan dalam campuran coca-cola.


Cotton Candy (permen kapas)

atau yang kita kenal dengan sebutan arum manis, dibuat dari gula yang dipanaskan dan diputar menjadi seperti benang-benang tipis, mirip seperti gulungan kapas. Penemunya adalah Willian Morrsion dan John C.Wharton pada 1897, pembuat permen asal Nashville.

Mereka berdua menemukan alat pemanas gula dengan mangkok yang diputar, yang ada lubang dibagian tengahnya. Saat mangkok tersebut diputar, gula yang menjadi karamel akan menyebar ke lubang yang tipis, membentuk permen seperti kapas yang akan meleleh di mulut. Mereka menyebutnya "fairy Floss."
Di Inggris, jenis panganan ini dikenal dengan "candy floss."

Garpu

Garpu pada Zaman Yunani dulu ukurannya sangat besar dengan dua cabang. Garpu ini digunakan untuk menyiapkan hidangan daging. Barulah pada abad ke-7 Masehi, para bangsawan di Timur Tengah mulai menggunakan garpu sebagai perkakas makan di meja.
Penggunaan garpu ini lalu kemudian dikenal juga di Itali, Prancis, Inggris, dan kemudian menyusul di negara-negara lain Ukuran garpu kemudian juga dibuat lebih kecil, dengan cabang yang lebih banyak.

Keripik

Kentang Keripik kentang ditemukan secara tidak sengaja pada tahun 1853 oleh George Crum. Dia adalah seorang juru masak di sebuah tempat peristirahatan di Lake lodge, Saratoga Spring, New York.

Saat itu french fries atau kentang goreng sangat popular di restoran tersebut. Suatu hari, salah satu pengunjung yang sedang menikmati makan malam mengeluh French fries pesanannya terlalu tebal. Meskipum Crum sudah membuat yang lebih tipis lagi, si tamu masih belum puas juga.

Dengan sedikit kesal Crum lalu membuat kentang goreng yang terlalu tipis untuk disantap dengan garpu. Tak disangka, si tamu tadi malah sangat senang dengan kentang goreng tipis buatannya. Jadilah si keripik kentang itu popular di mana-mana hingga kini.

Makanan Bayi

Pada 1867, Henry Nestle, seorang ahli ahli kimia yang lahir di Frankfurt ini berhasil menciptakan produk nutrisi instant yang bisa digunakan oleh para ibu yang tak bisa menyusui anaknya.

Dia mencampur susu Swiss yang berkhasiat tinggi dengan sereal yang dimasak secara khusus. Ketika makanan ciptaannya itu diberikan pada seorang bayi laki-laki yang lahir prematur, ternyata bayi itu bisa bertahan hidup.

Reputasi makanan temuan Henry segera meroket. Henry melalui usahannya yang diberi nama Nestle itu kini memproduksi aneka makanan, dari susu, sereal, hingga bubur bayi.))surien

Dimuat di GOBER TEMATIS edisi EUREKA, terbitan Disney-Gramedia[/i]
Foto : mercola.com

No comments: